Pelayanan Posyandu Kembali Berjalan Ditengah PPKM Level 3

  • Sep 16, 2021
  • pecangaan-batangan

Pecangaan, Kegiatan posyandu (pos pelayanan terpadu) di Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati kembali berjalan di masa PPKM Level 3 di Kabupaten Pati. Kegiatan ini untuk memantau tumbuh kembang balita melalui posyandu yang tetap dilaksanakan pada Rabu (15/09/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Posyandu merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas kesehatan balita sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini.

Kegiatan pelayanan posyandu dilakukan dengan timbang badan, pengukuruan tinggi badan, lingkar kepala, pemantauan gizi dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita.

Dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi anak dan ibu dalam masa pandemi Covid-19 ini, terutama yang berkaitan dengan pelayanan posyandu dan memastikan kegiatan imuniasi sesuai protokol kesehatan. Posyandu harus tetap berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, jaga jarak dan menggunakan APD bagi tenaga kesehatan.

“Imunisasi tetap, dan saya berharap posyandu dapat lebih pro aktif dalam meningkatkan kunjungan sekaligus melakukan penyuluhan terkait pelayanan saat pandemi,” ujar Uswatun Khasanah selaku Bidan Desa.

“Saya juga mengapresiasi respon Tim PKK dalam menyampaikan informasi Covid-19 kepada masyarakat secara langsung maupun melalui berbagai media,” tambah Uswatun.

Posyandu di Desa Pecangaan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulannya. Pada kesempatan ini posyandu dilakukan setiap tanggal 15 disetiap bulannya sebagai bentuk pelayanan dan memastikan kesehatan ibu hamil dan anak balita setiap bulan.