PROSES PENGEMBANGAN MENUJU DESA WISATA DI DESA PECANGAAN

  • Nov 25, 2022
  • PECANGAAN-BATANGAN

 PECANGAAN,  Jumat, 25 November 2022. Tren pariwisata yang saat ini sedang gencar dikembangkan adalah community based tourism atau wisata berbasis masyarakat. Pariwisata berbasis masyarakat memusatkan peran masyarakat lokal dalam pengelolaan. Suansri (2003) menegaskan bahwa pariwisata berbasis masyarakat merupakan sarana pengembangan masyarakat dan lingkungan. Oleh karena itu, pariwisata berbasis masyarakat harus mengadopsi pembangunan sosial, budaya, ekonomi, lingkungan, dan politik.

Pariwisata berbasis masyarakat mudah dikenali di sekitar kita dalam bentuk desa wisata. Idealnya, kehadiran desa wisata yang didirikan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat desa selaku aktor utama. Dampak positif yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat utamanya adalah memberikan lapangan pekerjaan serta memberikan pemasukan tambahan. 

 

Dalam hal ini Desa Pecangaan masih berproses untuk membangun Desa Wisata yang nantinya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar. Semua Sektor baru proses dibangun diantaranya gapura wisata yang sudah hampir selesai nantinya dilanjutkan dengan pengaspalan jalan menuju tempat wisata dan jika tidak ada halangan akan dilanjutkan dengan pembuatan track diatas sungai yang nantinya bisa dinikmati oleh para pengunjung wisata

 

Kades Mattono mengatakan " Kita masih proses dalam membangun tempat wisata yang nantinya bisa dinikmati oleh para warga lokal maupun luar, sabar saja dan minta doanya para warga Desa Pecangaan agar pengembangan wisata ini bisa secepatnya selesai dan bisa meningkatkan perekonomian warga Desa Pecangaan nantinya".