MUSDES PERUBAHAN APBDES TAHUN 2020 DAN MUSDES KHUSUS BLT DD TAHUN 2020 DESA PECANGAAN

  • Jul 17, 2020
  • pecangaan-batangan

Pecangaan, Menindak lanjuti Permendesa PDTT RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020, Pemerintah Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan Kabupaten Pati menggelar Musyawarah Desa  Perubahan APBDes 2020 (17/07/2020)

Pelaksanaan musyawarah Desa khusus sekaligus pembahasan perubahan Anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) tahun 2020 yang di laksakan pemerintah Desa Pecangaan yang di laksanakan di Aula Kantor Desa Pecangaan, hadir dalam acara tersebut Camat Batangan yang di wakili Sekcam dan beberapa pegawai dari Kecamatan Batangan, Babinsa, Ketua BPD beserta Anggotanya, tokoh masarakat, tokoh agama, Perangkat Desa, dan Ketua RT.

Dalam kegiatan tersebut antara lain pembahasan perubahan APBDes tahun 2020 dan musdes khusus BLT-DD tahun 2020, perubahan tersebut merupakan ihtiar dalam penanganan wabah covid 19 sekaligus mendorong program kerja pemerintah pusat untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Dana Desa (DD).

Bapak Sekcam mengatakan bahwa terjadinya Perubahan APBDes ini karena adanya Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang mewabah saat ini. “Musdes Khusus APBDes Perubahan tahun 2020 dilakukan dalam rangka menindak lanjuti Permendesa dimana didalamnya, desa diharuskan untuk melakukan rekofusing anggaran untuk BLT Dana Desa (DD) 2020,” terangnya

Mattono selaku Kepala Desa Pecangaan mengatakan untuk mengatasi dampak ekonomi yang dialami masyarakat Desa Pecangaan akibat wabah Covid-19 Pemerintah Desa Pecangaan akan membagikan Perpanjangan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa, Dana Bantuan Langsung Tunai Desa atau BLT-DD, kami menyiapkan sebesar 30 persen dari besaran Dana Desa yang diterima," dengan mengalihkan beberapa kegiatan pungkasnya.

Kades mengatakan BLT-DD ini akan menyasar warga miskin yang tidak tercatat sebagai Penerima bantuan PKH dan BPNT. Tentunya mereka yang lolos Verifikasi dan terdata oleh Perangkat Desa yang melakukan pendataan sebelumnya.

Besaran dana BLT ini berjumlah Rp.600.000 per Kepala keluarga (KK),  yang akan disalurkan selama 3 bulan berikutnya. Adapun yang mendapatkan Bantuan BLT Dana Desa di Desa Pecangaan sebanyak 105 kepala keluarga,” jelas Mattono.

Masing-masing KK akan menerima BLT sebesar Rp 600 ribu, selama 3 bulan yang terhitung sejak bulan juli, Sebanyak 105 orang calon penerima BLT Dana Desa yang tersebar dari 7 RT, di validasi dan di cek kebenaran nya melalui musyawarah. Data calon penerima bantuan tersebut merupakan warga miskin dan warga miskin baru yang terdampak dari wabah covid 19.

Karena di ketahui bersama bahwa wabah ini begitu terasa dampak nya hingga ke pedesaan. Sehingga pemerintah desa tahun ini harus menganggarkan bantuan tersebut dari dana desa, sehingga jelas dalam pelaksaan pembangunan tahun ini ada beberapa kegiatan yang dialihkan. Acara Rapat diakhiri dengan penandatanganan oleh Kepala Desa,Ketua BPD dan Tokoh Masyarakat.