Musyawarah Desa Penetapan APBDes Tahun Anggaran 2021 Desa Pecangaan

Pecangaan, Memasuki awal tahun 2021 yang tinggal beberapa hari lagi dan sesuai dengan agenda kegiatan Desa Pecangaan yaitu Tahapan perencanaan  penyusunan RKPDes tahun 2021, adalah penyusunan APBDes tahun 2021 yang harus diselesaikan maksimal akhir Desember.

Pemerintah Desa Pecangaan beserta seluruh elemen masyarakat dari BPD, Ketua RT,RW,Kader PKK,Linmas serta Tokoh Masyarakat dan juga dihadiri oleh Bhabinsa, melaksanakan Musdes dan Penetapan APBDes 2021. Rabu, 29 Desember 2020 dengan mengambil tempat di balai Desa Pecangaan.

Dalam musyawarah ini juga Pemerintah Desa memberikan  Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2020 yang dijelaskan oleh Sekretaris Desa Pecangaan. Dalam laporan Realisasi APBDes Tahun 2020 ada beberapa kegiatan yang tidak direalisasikan di tahun ini tetapi akan kembali dimasukan dalam kegiatan di tahun 2021.

Selain dari Pemerintah Desa Pecangaan yang memberikan Laporan realisasi APBDes tahun 2020, dari pihak BumDes juga memberikan penjelasan tentang laporan keuangan laba rugi selama tahun 2020 oleh ketua BumDes.

Beberapa point penting musyawarah Penetapan APBDes 2021,

  1. Bidang pembagunan, perkembangan desa.
  2. Bidang pemerintahan.
  3. Selain fisik, Pemberdayaan lembaga, RT/RW, LKMD, BPD, PKK, KPM RDS, karang taruna, Kader posyandu dan penanganan stunting menjadi prioritas kegiatan.
  4. BLT DD berlanjut sampai tahun 2021.
  5. Penyertaan modal Bumdes.

Semua kegiatan diatas, masih dalam pagu anggaran yang bisa bertambah atau berkurang, menyesuaikan alokasi dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

Musdes dan penetapan APBDes 2021 diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara oleh Ketua BPD beserta Tokoh masyarakat Desa Pecangaan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan