Kegiatan Pos UKK di Desa Pecangaan Kembali Aktif Pasca New Normal

Pecangaan,  Para Nelayan di Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati kini bisa mendapat pelayanan kesehatan lagi dengan mudah. Sebab saat adanya Covid-19 nyaris semua pelayanan dihentikan untuk pencegahan penularan covid-19 termasuk pelayanan pos UKK.

Sejak diberlakukannya Era New Normal, Kemarin (Jumat,14/08/20)  Pos UKK kembali aktif untuk melakukan kegiatan rutin sebelum adanya covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Kepala Puskesmas Kecamatan Batangan, mengatakan, pos UKK ini merupakan tempat pelayanan kesehatan yang dibentuk di kawasan perkampungan nelayan. Pos UKK dikelola oleh nelayan atau para pekerja Sektor perikanan itu sendiri (Kader).

Menurutnya, UKK sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan para kader yang berada di bawah binaan Puskesmas Batangan. “Pelayanan kesehatan dasar bagi para nelayan merupakan pelayanan yang esensial yang diberikan kepada masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan bagi pekerja terutama pekerja dibidang perikanan, ” kata Kepala Puskesmas Kecamatan Batangan, Jumat (14/08/2020).

Dia  juga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh di pos UKK adalah melakukan penyuluhan tentang alat perlengkapan diri (APD) dalam bekerja, survei lingkungan serta cek kesehatan dan pengobatan kepada masyarakat pekerja sektor perikanan.

Berbeda dengan kegiatan pos UKK pada sebelumnya, kegiatan kali ini setiap warga yang melakukan pemeriksaan diwajibkan membawa masker, cuci tangan serta harus jaga jarak dalam antrian pemeriksaan.

Pemeriksaan diantaranya pengukuran Tekanan Darah (TD), gula darah sewaktu (GDS), kolesterol dan Asam Urat (Uric Acid).Tim Puskesmas Batangan yang bertugas di lapangan antara lain adalah petugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Petugas  Program pencegahan dan Pengendalian PTM, dokter internship dan kader Desa Pecangaan.

Pada kesempatan yang sama petugas K3 memberikan pelayanan dan sosialisasi keselamatan pekerja kepada para nelayan.Terutama tentang life saving dalam  hal pertolongan pada nelayan yang mengalami kecelakaan.

Salah satu pekerja (nelayan) mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu serta memberi pengetahuan kepada nelayan tentang  berbagai hal yang harus diperhatikan baik keselamatan serta kesehatan pada saat bekerja melaut.

Para Nelayan juga berharap kiranya kegiatan ini bisa dilakukan rutin karena dapat membantu masyarakat dan juga menjadi sarana komunikasi bagi masyarakat Desa Pecangaan. Sebelum adanya covid ini kegiatan pos ukk biasa dilakukan satu bulan sekali pada minggu kedua yang dilaksanakan di TPI Pecangaan.

Masyarakat yang melakukan pemriksaan cukup dengan mendaftar menggunakan kartu BPJS Kesehatandari Desa dan membawa KTP. Di sela – sela kegiatan kepada semua pihak Kepala Puskesmas Batangan menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya.

“ Saya sebagai perwakilan dari pihak Puskesmas Batangan mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Pecangaan yang sudah melakukan pemeriksaan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan saya juga berharap kegiatan ini bisa membantu warga dalam hal pengecekan kesehatan rutin” tuturnya.

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan