Pelayanan Posyandu Desa Pecangaan Di Masa Pandemi Covid-19

 

Pecangaan, Selama masa pandemi Covid-19, layanan posyandu harus tetap berjalan. Dalam pelaksanaannya di lapangan, pelaksanaan Posyandu ini harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Demikian penegasan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pati dalam sebuah pertemuan daring yang digelar oleh Dinas Kesehatan Pati.

Pelaksanan Posyandu Pada Masa Pandemi Covid-19 sebagai upaya pemenuhan hak anak dalam mendapatkan pelayanan kesehatan rutin seperti pemantauan tumbuh kembang, gizi, dan imunisasi.

Posyandu harus tetap berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, jaga jarak dan menggunakan APD bagi tenaga kesehatan.

“Imunisasi tetap, dan saya berharap posyandu dapat lebih pro aktif dalam meningkatkan kunjungan sekaligus melakukan penyuluhan terkait pelayanan saat pandemi,” ujar Uswatun Khasanah selaku Bidan Desa.

Dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi anak dan ibu dalam masa pandemi Covid-19 ini, terutama yang berkaitan dengan pelayanan posyandu dan memastikan kegiatan imuniasi sesuai protokol.

“Saya juga mengapresiasi respon Tim PKK dalam menyampaikan informasi Covid-19 kepada masyarakat secara langsung maupun melalui berbagai media,” tambah Uswatun.

Posyandu di Desa Pecangaan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulannya. Pada kesempatan ini posyandu dilakukan setiap tanggal 16 disetiap bulannya sebagai bentuk pelayanan dan memastikan kesehatan ibu hamil dan anak balita setiap bulan. Rabu 15 juli 2020 kemarin Tim PKK dan Tim Kesehatan melakukan kegiatan Posyandu,Pelayanan yang dilakukan meliputi :

  1. Imunisasi
  2. Pemberian vitamin
  3. Pembagian pil KB atau kondom.
  4. Pengobatan ringan.
  5. Konsultasi KB.
  6. Penimbangan ibu hamil dan anak balita
  7. Pemberian makanan tambahan bagi Balita.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan