Tanpa Kemeriahan Pemdes Pecangaan Tetap Lakukan Acara Sedekah Laut

Pecangaan, Masyarakat nelayan di Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Pati tetap menjalankan tradisi sedekah laut hanya dengan melarung sesaji di muara Sungai Pecangaan, Kamis (18/6/2020). Sambil mengikuti pembatasan-pembatasan khusus di tengah pandemi virus corona. Acara dihadiri oleh Kepala Desa beserta perangkatnya, perwakilan dari muspika Kecamatan Batangan dan Satuan Polair Polres Pati.

Sedekah Laut di Desa Pecangaan merupakan ritual tahunan yang digelar setiap setahun sekali. Ritual adat yang dicatat sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia oleh Kemdikbud RI ini digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya covid 19.

Kepatuhan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) maka dalam menyelenggarakan acara tradisional Sedekah Laut Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Pati yang dibatasi cukup dengan larung sesaji yang pesertanya juga dibatasi pada acara Sedekah Laut tahun ini. Tempat pusat pemberangkatan sesaji dari TPI Pecangaan. Acara yang tahun-tahun sebelumnya selalu dipadati pengunjung, kamis (18/6/20) pagi tadi benar-benar lengang karena yang hadir dibatasi hanya sejumlah orang.

Peserta yang mengikuti acara larung sesaji di laut hanya Pemdes Pecangaan, Perwakilan dari muspika kecamatan batangan,satpol air polres pati dan panitia acara sedekah laut. Larung sesaji dilakukan dengan dengan lancar semua warga Desa Pecangaan berharap acara sedekah laut bisa dilakukan seperti tahun sebelum sebelumnya yang meriah dan semoga covid 19 ini segera berakhir.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan