Pendampingan pembuatan laporan konvergensi stunting

Pecangaan, Bertempat di ruang kantor Balai Desa Pecangaan Rabu 13 mei 2020 Pendamping Desa Kecamatan Batangan dan Pendamping Lokal Desa melaksanakan Pendampingan pembuatan laporan konvergensi stunting di Desa Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Pendampingan ini nantinya bertujuan untuk lebih memudahkan dalam pembuatan laporan tersebut.

Stunting saat ini menjadi topik utama yang berkembang dimasyarkat yaitu kondisi gagal tumbuh yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi. Pelatihan diawali dengan penyampaian materi oleh pendamping desa dengan latihan pengisian data yang acuannya KMS Ibu Hamil.

Materi yang disampaikan meliputi latar belakang pelatihan Stunting di wilayah Desa Pecangaan, tata cara mengukur anak yang masuk dalam kreteria Stunting (kurang tinggi badan), pengisian formulir Kader Pembangunan Kesehatan Manusia (KPM) serta formulir  PSDM, formulir Pendataan Kondisi Layanan dan Rekapitulasi Status Sasaran, formulir Pemantauan Bulanan Ibu Hamil, serta formulir Bantu Konvergensi Desa. Pelatihan ini sangat penting bagi Pemerintah Desa Pecangaan serta warga pada khususnya, hal ini disebabkan karena pendataan stunting menjadi salah satu syarat untuk pencairan Dana Desa untuk tahun 2020.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan