Semangat Relawan Desa Pecangaan Menghadapi Covid 19

Pecangaan, Aparatur pemerintahan Desa Pecangaan dan para relawan mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan dan pengecekan kepada setiap warga dari luar Desa Pecangaan dalam rangka upaya pencegahan dan pemutusan penyebaran covid-19. Dalam kegiatan tersebut juga  dihimbau  agar masyarakat tetap mematuhi peraturan Desa yang telah diberikan oleh pemerintah pusat. Dan sebagai aparatur pemerintahan desa dan para petugas relawan harus menjadi garda terdepan dalam menghambat penyebaran virus corona atau covid-19.

Desa Pecangaan adalah wilayah desa yang banyak warganya yang merantau  untuk pulang kekampung halamannya,untuk itu kami selalu melakukan pemantauan dan pendataan bagi warga yang baru saja pulang dari merantau dan di himbau untuk mematuhi aturan-aturannya, serta isolasi mandiri dirumah selama 14 hari. Dan kami juga melakukan pendataan siapa saja yang merantau di luar negeri dan diarahkan agar jangan melakukan pulang kampung dulu.

Pada kesempatan ini kami selaku aparatur pemerintahan desa dan petugas relawan menghimbau kepada warga masyarakat terutama warga yang baru pulang merantau agar :

  1. Warga yang pulang dari merantau untuk isolasi mandiri selama 14 hari, jika tidak terjadi keluhan, kalau terjadi keluhan segera menghubungi bidan desa melalui telpon atau lewat Wa.
  2. Jaga jarak minim 1 meter dengan warga lain dan hindari kerumunan.
  3. Sering-sering cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah aktifitas.
  4. Selalu memakai masker dalam melakukan kegiatan di luar rumah.
  5. Banyak minum air putih, istirahat cukup, olah raga yang teratur.
  6. Pola makan yang sehat serta konsumsi gizi seimbang.
  7. Pola hidup yang sehat serta menjaga kebersihan.

Selain itu kami juga menghimbau agar masyarakat jangan panik menghadapi situasi saat ini dan perbanyaklah berdoa agar pandemi covid-19 segera berakhir. Dan pihak aparatur desa bersama para relawan serta petugas puskesmas Batangan terus meningkatkan pengawasan dan antipasi dini untuk pemutusan dan pencegahan penularan virus corona covid-19, dan aparatur desa serta para relawan melakukan penyemprotan rutin dirumah-rumah warga setiap 1 minggu sekali serta memberi arahan kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan tentang virus corona, dimana virus tersebut menyebabkan terjadinya penyakit, penyebarannya melalui saluran pernafasan. Selain itu juga para relawan melakukan penjagaan serta pengecekan terhadap para pendatang yang memasuki area desa Pecangaan.

Untuk dapat mencegah indikasi virus corona covid-19 maka masyarakat harus segera memulai merubah perilaku tidak baik dengan cara hidup bersih dan sehat atau menerapkan Pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan