Pembinaan LK Bumdes 2019 oleh Kecamatan Batangan yang pertama di Kabupaten Pati Tahun 2019.

Pembinaan LK Bumdes 2019 oleh Kecamatan Batangan yang pertama di Kabupaten Pati Tahun 2019.

 

Dalam rangka meningkatkan kemajuan bumdes di desa, Kecamatan Batangan melakukan pembinaan bumdes di seluruh desa di Kecamatan Batangan yang diagendakan pada mingggu ke dua dan ketiga Bulan Februari 2019.

Pada Hari Senin tanggal 4 Februari 2019 telah dilakukan pembinaan bumdes di Desa Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Kegiatan yang diinisiasi oleh kecamatan ini merupakan yang pertama kali di Kabupaten Pati pada tahun 2019 ini. Hal ini diketahui dari informasi Grup Perbumi (Persatuan Bumdes Pati).

Pembinaan dilakukan oleh Bapak Sekcam Yogo Wibowo, Kasi PMD Ibu Samirah, PDP M. Agus Prijadi dan ibu Iin. Dari bumdes ada ketua bumdes Bapak Saiful Anas, bendahara Bapak Priyanto, Bapak Sekdes Mardian, Bayan dan sejumlah perangkat desa.

Dalam kesempatan ini dikenalkan LK-Bumdes 2019 yang baru, pemeriksaan pembukuan bumdes 2018, pembukaan unit baru bumdes yaitu toko cat dan persewaan alat angkut roda tiga. Penggunaan LK Bumdes 2019 diharapkan dapat membantu administrasi pelaporan keuangan bumdes yang lebih sederhana dan sesuai kebutuhan bumdes dimana setiap bulan pengurus bumdes harus melaporkan laporan keuangan dan kegiatan bumdes kepada kepala desa. Dan setiap tahun akan melaporkan pertanggunjawaban pada musyawarah desa.

Saat ini Bumdes Ngudi Santoso Desa Pecangaan Kecamatan Batangan mempunyai 3 unit usaha yaitu unit Pinjaman, unit perdagangan (toko cat) dan Unit Persewaan alat angkut roda tiga. Seluruh unit tersebut sangat mendukung perekonomian di desa Pecangaan dimana mayoritas warganya banyak yang bekerja sebagai nelayan. Toko cat untuk membantu nelayan dalam merawat perahunya, alat angkut untuk membantu mengangkut hasil nelayan dan angkut peralatan perahu.

 

 

PDP P3MD M. Agus Prijadi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan